Mengapa Desain Brosur Anda Penting?

Dalam bukunya yang diterbitkan tahun 1964, Understanding Media, Marshall McLuhan menciptakan frasa paradoksnya yang terkenal, “Medium is the Message”, yang berarti bahwa cara atau dari mana suatu pesan atau konten disampaikan sama pentingnya dengan pesan itu sendiri. Jika kita mengikuti apa yang dikatakan komunikator hebat ini hampir setengah abad yang lalu dan jika kita menerima bahwa idenya tetap relevan bahkan di dunia sekarang ini, menjadi semakin penting bahwa karakteristik bentuk di mana kita mengirimkan pesan kita menjadi seefisien yang terakhir.

Sekarang, ketika kita meramalkan konsep di atas untuk identitas perusahaan Anda, itu akan menyiratkan bahwa setiap bahan-sastra atau berbasis aplikasi-yang menyandang logo Anda di atasnya disertai tidak hanya itu tetapi juga sepotong gambar bisnis Anda. Apakah itu barang dagangan stasioner yang dihiasi dengan nama perusahaan Anda atau stiker bemper yang menunjukkan logo Anda, itu adalah representasi tidak langsung dari identitas Anda. Apakah Anda akan memeriksa apartemen mewah jika Anda membacanya di selebaran di sebuah pub yang kumuh dan busuk? Apakah Anda membeli perhiasan dari membacanya di tempat sampah? Apakah Anda mempertimbangkan untuk mengirim anak Anda ke sekolah yang mencetak brosurnya di atas kertas tipis keabu-abuan?

Sementara selebaran, poster, alat tulis, dll semuanya sangat penting, itu adalah brosur Anda yang harus menjadi prioritas terbesar Anda ketika datang untuk membangun citra di antara rekan-rekan Anda dan juga calon pelanggan. Brosur adalah pernyataan kualitas, komitmen, dedikasi, dan keseriusan Anda dalam pengejaran bisnis Anda. Brosur yang dikonsep dengan baik tidak hanya menyampaikan profesionalisme Anda yang halus, tetapi juga menunjukkan pendekatan Anda yang bertanggung jawab; karena seperti halnya McLuhan, cara Anda menampilkan diri adalah media itu sendiri dan karenanya berbicara banyak tentang Anda.

Sangat dapat dimengerti bahwa walaupun menulis brosur adalah cakewalk untuk eksekutif hubungan masyarakat yang berkualitas dan berpengalaman, perancangannya mungkin bukan sepotong kue mereka. Tidak ada perusahaan yang pernah mempekerjakan seorang pejabat hanya untuk mengurus brosurnya sehingga berarti bahwa siapa pun yang menangani pencetakan brosur biasanya juga memiliki banyak hal lain untuk diorganisir, laporan tahunan untuk dikompilasi dan pertemuan, seminar, peluncuran produk, konferensi media. . Saat dihadapkan dengan skenario seperti itu, selalu disarankan untuk menghubungi seorang desainer profesional yang akan memastikan bahwa penampilan brosur Anda juga mencerminkan nilai yang sama seperti yang terkandung dalam kata-kata Anda.

Tetapi hanya karena Anda mempekerjakan seorang desainer grafis profesional untuk pekerjaan itu, tidak berarti bahwa tanggung jawab Anda mengambil kursi belakang. Ingatlah bahwa meskipun seorang desainer yang baik akan bersemangat untuk mendengar tentang brosur Anda di luar brief formal dan akan mencoba memahami konsep di baliknya, tanpa Anda ia sebagus ensemble kanvas kosong dan warna tanpa pelukis. Tanpa umpan balik yang cepat dan tulus dari Anda, perancang tidak akan memiliki pilihan lain selain menganggapnya sebagai proyek anak yatim dan hanya akan membuatnya tidak tertarik untuk memberikan seratus persen dan sepuluh persen untuk proyek Anda.

Untuk memastikan bahwa umpan balik Anda merupakan nilai tambah bagi upaya perancang, pertama-tama Anda harus tahu seperti apa bentuk brosur kelas satu yang bagus. Hanya karena kita ingin terlihat profesional, bukan berarti harus membosankan juga. Jangan khawatir jika Anda tidak memiliki pengetahuan tentang terminologi desain grafis untuk memulai. Ini bukan ilmu roket; memiliki pengetahuan dasar tentang elemen-elemen desain utama akan membekali Anda dengan baik untuk mengawasi tugas desain apa pun karena hanya masalah penjajaran dan bermain-main dengan elemen-elemen ini untuk membuat desain apa pun. Jadi, yang benar-benar perlu Anda perhatikan adalah elemen-elemen yang diberikan di bawah ini dan Anda sebaiknya merancang brosur terbaik untuk perusahaan Anda!

1. Warna: Warna pilihan Anda, adalah kesan pertama dari brosur Anda. Tidak seorang pun ingin mengambil brosur bisnis yang berwarna-warni seperti prospektus taman kanak-kanak atau yang tertahan seperti pamflet layanan pemakaman. Hitam klasik tidak datang untuk menyelamatkan Anda di sini kecuali jika dipasangkan dengan abu-abu dan putih. Atau lebih baik lagi, tambahkan hanya sedikit logo Anda atau warna merek yang penelitian pasar menunjukkan sangat terkait dengan merek Anda. Tetapi jika Anda adalah bisnis bunga atau restoran, menggunakan warna sesuai persepsi psikologis mereka sangat cocok.

2. Kontras: Perpanjangan elemen warna yang halus namun sangat mencolok adalah kontras antara pilihan warna Anda. Jika nada brosur Anda terasa-enak, ringan-kekeluargaan, kontrasnya akan memandu mata pembaca ke visual dan menciptakan perasaan bahagia dan gembira. Jika itu untuk konsultasi investasi yang tajam, tarik perhatian pada fakta dan angka, prestasi dan testimoni.

3. Tekstur: Tekstur lagi tergantung pada jenis visual dan presentasi teks Anda. Brosur untuk sekolah dansa yang berspesialisasi dalam genre jalanan akan membutuhkan penampilan pemberontak yang mentah, riang, dan penuh dengan banyak luka dan percikan cat sehingga memberikan tekstur yang funky sementara yang untuk rumah sakit komunitas akan memiliki tekstur bersih, luas dengan font minimalis dan potongan ramping.

4. Keseimbangan: Keseimbangan atau ketidakseimbangan antara tiga komponen – ruang visual, verbal dan putih dapat meningkatkan daya tarik brosur Anda tergantung pada pesan yang terkandung di dalamnya. Sementara keseimbangan formal cukup untuk brosur resmi perusahaan, sementara keseimbangan informal bagus ketika Anda ingin menyampaikan tindakan atau karakteristik entropi dari program musim panas dalam seni, katakanlah.

5. Ruang: Penggunaan strategis ruang-atau ruang putih seperti yang kita sebut-umumnya memainkan peran besar dalam mengkomunikasikan kekuatan, aktivitas, aliran dan eksklusivitas produk atau layanan Anda. Sebagian besar merek kelas atas memasukkan banyak ruang putih dalam desain brosur mereka karena memberi kesan mewah instan pada pesan Anda. Juga, ini membantu Anda menonjol di antara pesaing dan merek-merek berkualitas rendah yang mencoba untuk menguangkan setiap inci dari ruang iklan atau PR yang tersedia.

Jadi, lain kali Anda memutuskan untuk mendapatkan layanan desain profesional untuk proyek apa pun, pastikan bahwa kelima elemen ini dan bagaimana Anda menginginkannya harus menjadi bagian dari informasi penting yang Anda berikan kepada mereka dalam brief formal tertulis. Namun, untuk menciptakan yang terbaik, pertama-tama Anda harus tahu seperti apa pekerjaan desain yang buruk. Dalam satu baris, itu adalah salah satu yang – tidak peduli seberapa cantik atau avant-garde kelihatannya – menundukkan pesan itu sendiri, akibatnya media Anda menjadi satu-satunya pesan Anda. Semua brosur yang diberikan adalah karya desain yang sangat baik, tetapi menurut saya mereka gagal menyampaikan pesan mereka sekuat arsitektur estetika mereka.

Saya sangat berharap bahwa informasi yang terkandung dalam artikel ini membantu Anda membuat pilihan yang lebih baik dan mendapatkan lebih banyak tidak hanya dari brosur Anda tetapi juga proyek perancangan, baik itu kartu kunjungan, poster, pamflet, selebaran atau brosur. Selain itu, memanfaatkan layanan pencetakan berkualitas tinggi adalah dengan melakukan keadilan terhadap upaya sungguh-sungguh dari desainer Anda dan juga Anda sendiri.



Source by Jaspal K Singh

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Mau order atau ada yang mau ditanyakan?, Chat langsung aja sama Admin.
? Hallo, ada yang bisa dibantu ?