Menulis Brosur Bisnis: Apa itu “Nada” dan Mengapa Itu Penting

“Nada” dari karya tulis – seperti brosur Anda – paling baik dapat didefinisikan sebagai “rasa” atau “efek emosional” yang dimiliki karya ini.

Banyak hal yang membentuk “nada.” Kata-kata yang Anda gunakan dalam brosur Anda. Panjang kalimat Anda. Warna yang Anda gunakan. Font. Tanda baca. Jenis gambar atau foto. Desain grafis. Jenis kertas yang Anda gunakan.

Untuk memberikan “nada” yang tepat pada brosur Anda, semua elemen ini perlu disatukan, memberikannya nuansa tertentu.

“Itu bagus,” aku yakin ucapanmu sekarang. “Bangunkan aku ketika kamu sudah selesai dengan ceramahmu yang artistik.”

Wah, pardner! Cadangkan Mac – atau parkir PC Anda – sekarang & dengarkan.

Ini bukan konsep fancy-schmancy, high-falutin ‘, artsy-fartsy, fuzzy-wuzzy. Itu nyata. Dan itu memiliki konsekuensi nyata (baca: “bottomline”).

Saya akan mulai dengan menggambarkan brosur yang sebenarnya saya lihat, yang saya gunakan sebagai contoh yang sangat buruk, selama lokakarya brosur yang saya berikan di daerah Detroit.

Brosur ini membahas topik yang sangat sensitif dan menyayat hati: kekerasan dalam rumah tangga. Hal itu dilakukan oleh sebuah agen metropolitan untuk a.) Membuat publik sadar bahwa kekerasan dalam rumah tangga menyakiti anak-anak dan, pada gilirannya, pelecehan anak b.) Memperingatkan para pelaku kejahatan bahwa itu adalah, yah, sebuah kejahatan. (Sebagai permulaan, brosur ini ditulis dengan sangat buruk, sulit untuk menguraikan siapa yang dituju. Bahkan, itu membuat peserta lokakarya saya bingung.)

Sekarang, menulis brosur ini dengan tidak yakin akan target pasar bukanlah masalah yang paling kecil. Di sinilah kita mendapatkan nada.

Itu adalah 1-warna yang keras (ya, 1-warna —- jenis hitam di atas kertas putih. Itu terlihat seperti sesuatu yang kabur dan difotokopi.) Brosur dengan tipe besar & kalimat yang sepertinya meneriaki Anda. Tajuknya berbunyi: “TIDAK ADA ALASAN, KEKERASAN DOMESTIK Ini Kejahatan!” Kata “kamu” digunakan, tetapi dengan nada keras, tangan-tinggi: “Apa yang harus kamu ketahui tentang …” mengikuti tajuk utama yang menjerit ini.

Itu menarik perhatian Anda, oke. Tetapi nadanya begitu melengking dan keras, itu tidak mengundang saya masuk, untuk belajar, untuk mendapatkan bantuan. Itu hanya mendorong saya menjauh.

Jadi Anda lihat, “nada” sangat penting.

Sekarang, saya akan menjelaskan contoh lain – juga dari agen pemerintah dan berurusan dengan anak-anak – yang melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik.

Brosur ini juga 1 warna. Hanya itu dilakukan oleh seorang seniman grafis yang tahu bagaimana menggunakan banyak nuansa abu-abu, layar, dan teknik lainnya untuk membuat apa yang semula hitam menjadi gambar yang lembut, hangat, dan mengundang.

Di tengah brosur ada foto hitam putih dari 4 anak yang tersenyum, masing-masing dari ras yang berbeda.

Di atas anak-anak adalah tajuk: “Asuransi Kesehatan yang Anda Butuhkan”

Di tengah-tengah anak-anak ada sebuah lingkaran dengan kata-kata “MIChild,” akronim untuk asuransi anak-anak murah, bermain pada singkatan kode pos untuk negara bagian Michigan. Langsung dikenal dengan target pasarnya.

Kemudian, di bagian bawah brosur – masih di sampul – adalah kata-kata “Dengan Harga yang Dapat Anda Mampu,” diikuti oleh nomor bebas pulsa.

Seluruh nada dari brosur ini adalah, “Kami ingin membantu Anda. Kami menghormati Anda. Kami memahami Anda.” (Dan itu hanya dari meninjau sampul! “)

Lihat perbedaannya? Meskipun kedua brosur itu dari instansi pemerintah, meskipun kedua brosur itu hanya 1 warna, perbedaannya sangat besar. Saya yakin hasilnya.

Dalam paragraf-paragraf singkat ini, saya telah memberi Anda sekilas sekilas tentang apa nada dan mengapa itu penting. Ada banyak lagi contoh dalam jenis “nada;” bagaimana setiap “nada” dicapai dengan kata-kata yang dipilih, panjang dan struktur kalimat, jenis kertas, dll. Saya berharap, bagaimanapun, dalam paragraf singkat ini Anda dapat mulai memahami nada dan pentingnya. Dan yang paling penting, Anda bisa memahami bagaimana Anda bisa menerapkannya pada brosur Anda sendiri.

(c) Grup CSC, LLC



Source by Sandra Eggers

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Mau order atau ada yang mau ditanyakan?, Chat langsung aja sama Admin.
? Hallo, ada yang bisa dibantu ?