Cara menguasai warna hitam dalam desain cetak



Ada beberapa warna hitam di dunia digital dan Anda ingin menghindari memilih warna hitam yang salah, sehingga tidak ternoda atau terlihat buram saat dicetak.
Dalam tutorial ini, saya akan berbicara tentang berbagai warna hitam yang harus Anda gunakan, dan tidak digunakan, dalam desain Print.
RGB vs. CMYK
Nilai RGB (Merah, Hijau, Biru) digunakan dalam desain berbasis web seperti situs web dan spanduk. Warna hitam yang umum digunakan dalam desain web adalah nilai RGB yang disetel ke nol:
R: 0G: 0B: 0
Mode warna CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Key / Black) adalah apa yang digunakan desainer untuk desain Print. Sering kali desainer membuat kesalahan dengan memilih default Photoshop yang hitam.
Mari kita lihat lebih dekat nilai-nilai warna untuk default hitam Photoshop dan lihat mengapa itu tidak ideal untuk desain Print …
Seperti yang Anda lihat nilai-nilai RGB semuanya diatur ke nol yang akan sempurna untuk desain di layar. Karena ini untuk cetak, kami akan fokus pada nilai CMYK yang ditemukan di kanan bawah Color Picker:
C: 75% M: 68% Y: 67% K: 90%
Apa artinya ini untuk pencetakan offset
Dalam Pencetakan Offset, warna dipisahkan pada pelat berbeda berdasarkan persentase masing-masing warna – semakin tinggi persentase, semakin banyak cakupan tinta.
Jika kami menguraikan persentase tinta CMYK, sepertinya ini:
Piring Cyan dengan tinta 75%:
Piring Magenta dengan tinta 68%:
Piring Kuning dengan tinta 67%:
Dan akhirnya, plat Key (hitam) dengan tinta 90%:

Semua 4 piring akan disalip untuk menghasilkan hitam standar:
Total cakupan tinta adalah 300% (75 + 68 + 67 + 90). Menentukan persentase cakupan tergantung pada berbagai faktor seperti tinta, kertas dan printer. Tetapi nilai maksimum harus 280%.
Hitam standar adalah lebih dari 280% dan ada risiko tinta berlebih – Anda berisiko terkena noda atau noda tinta. Risiko tumbuh ketika menggunakan hitam standar untuk teks yang lebih kecil.
Masalah lain dapat terjadi jika pelat 4 CMYK sedikit tidak selaras. Teks akan terlihat buram atau bahkan hilang saat dicetak.
Jadi … jangan pernah menggunakan Photoshop hitam default untuk ANY Print Designs – kecuali jika Anda memiliki terlalu banyak klien dan ingin kehilangan mereka dengan cepat ?
Hindari masalah pencetakan
Untuk teks kecil kita akan menggunakan 100K hitam yang juga disebut CMYK hitam. Untuk mendapatkan warna hitam yang bagus, ubah nilai CMYK:
C: 0M: 0Y: 0K: 100
Dengan mengubah 4 nilai, proses pencetakan terlihat sangat berbeda. Alih-alih 4 piring, kita hanya perlu 1 piring untuk menjaga cakupan tinta di bawah 280% yang menghasilkan hasil yang segar dan bersih.
Perubahan sederhana dengan hasil besar!
Namun, jika Anda ingin latar belakang hitam pekat, jangan gunakan 100K hitam. Ketika CMYK hitam tidak digunakan untuk teks kecil, terlihat “pudar” atau seperti abu-abu gelap.
Hitam pekat
Jika Anda ingin menghasilkan warna hitam pekat, cara yang umum adalah menambahkan cyan atau magenta ke nilai 100K. Setiap desainer memiliki resep sendiri untuk warna hitam sempurna, tetapi nilai yang disarankan adalah:
C: 40M: 0Y: 0K: 100
Ini akan memberi Anda hitam gelap dan dingin.
Jika Anda ingin warna hitam lebih hangat, Anda bisa menggunakan 40% magenta daripada cyan: C: 0M: 40Y: 0K: 100
Ini akan terlihat dalam tetapi jauh lebih hangat daripada menggunakan cyan dalam kombinasi dengan hitam.

Sekali lagi tidak ada risiko terlalu banyak tinta karena cakupan total tinta adalah 140% (100 + 40). Pastikan untuk bermain dengan nilai-nilai ini untuk menemukan hitam sempurna Anda karena dapat berbeda dari printer ke printer.
Kesimpulan
Hindari Photoshop default black (C: 75; M: 68; Y: 67; K: 90) untuk Desain Cetak.
Gunakan CMYK hitam (C: 0; M: 0; Y: 0; K: 100) untuk teks.
Untuk latar belakang hitam pekat, campurkan cyan (untuk hitam dingin) atau magenta (untuk hitam hangat) ke CMYK hitam.
Saya harap ini membantu! Jangan ragu untuk berbagi tips tambahan tentang warna hitam dalam desain cetak di komentar di bawah ini.



Source link

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Mau order atau ada yang mau ditanyakan?, Chat langsung aja sama Admin.
? Hallo, ada yang bisa dibantu ?