Percetakan Bandung Online

Pemasaran email: panduan utama untuk meroketkan tarif terbuka Anda

Percetakan Bandung Online adalah solusi cetak online di Bandung untuk beragam keperluan produk percetakan. Melayani order cetak online maupun datang langsung ke workshop kami yang berlokasi di Bandung. Cetak brosur, kartu nama, stiker, undangan, kalender jadi semakin mudah dan cepat.

Apa perbedaan antara strategi pemasaran email yang hebat dan spam? Ini bukan gimmick atau jalan pintas; itu pendapat pembaca. Setelah melihat email Anda (atau bahkan hanya baris subjek), pembaca memutuskan apakah merek Anda memiliki sesuatu untuk ditawarkan, atau apakah Anda hanya “Berhenti Berlangganan”.
Pemasaran email memiliki banyak keuntungan jika dilakukan dengan sangat efisien; itu efektif, murah dan pribadi. Tetapi untuk mendapatkan ini, pertama-tama Anda memerlukan strategi pemasaran email yang efektif. Dalam panduan ini, kami menjelaskan cara mendapatkan pelanggan, mendesain email, dan memanfaatkan sepenuhnya peluang pemasaran yang menggiurkan ini.
Ilustrasi oleh OrangeCrushMengapa fokus pada pemasaran email?—
Pemasaran email murah dan ceria. Jika Anda memainkan kartu elektronik dengan benar, Anda bisa menghasilkan $42 dari setiap dolar yang Anda belanjakan. Ini memiliki pengembalian investasi yang tinggi, yang berarti Anda bukan satu-satunya dalam hubungan B2C yang senang berada di sana.
Media sosial vs. pemasaran email
Ketika banyak dari kita memikirkan pemasaran digital, kita berpikir untuk terhubung dengan audiens target melalui media sosial. Ini adalah saluran langsung dan otentik untuk menjangkau pengguna, jadi membangun saluran populer sering kali merupakan langkah pertama bagi banyak merek yang mencoba membuatnya di industri mereka dan mendapatkan banyak pengikut.
Sebagai perbandingan, pemasaran email terkadang diabaikan. Banyak usaha kecil mencurahkan lautan waktu dan energi ke dalam umpan Instagram dan analisis keterlibatan mereka, namun membaca sekilas di saluran email mereka. Namun, penelitian memperkirakan bahwa pada tahun 2025, akan ada lebih dari 4,6 miliar pengguna email global.
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa 60% konsumen lebih suka menerima kampanye promo melalui email, dibandingkan 20% konsumen lebih memilih ini melalui media sosial. Kami tidak mengatakan memilih satu atau yang lain, kami mengatakan menjadi tak terbendung dan melakukan keduanya, dengan sangat baik.
Desain pemasaran email oleh EyeQ Creative. Ruang VIP dari kotak masuk email
Ketika Anda memikirkannya, kotak masuk itu intim. Pengguna dapat memilih untuk mengikuti merek di saluran media sosial yang mereka sukai atau minati. Tetapi jika mereka ingin mengundang Anda ke salah satu ruang digital paling pribadi—kotak masuk email mereka—mereka harus benar-benar menyukai Anda.
Mungkin ini sebabnya email memiliki rasio klik-tayang yang tinggi. Untuk mendaftar menjadi pelanggan, pengguna harus secara fisik menyerahkan kontak email mereka. Ini berarti bahwa mereka memercayai merek untuk mengirimi mereka konten yang mereka minati. Sebagai merek, Anda harus menindaklanjuti harapan ini untuk membuat hubungan bertahan lebih lama daripada kencan musim panas.
jadi bagaimana kamu melakukan ini? Untungnya, bagian selanjutnya dari artikel ini adalah tentang membangun strategi pemasaran email.
Menemukan audiens Anda—
Hal pertama yang pertama, Anda akan membutuhkan pelanggan dan pendaftaran.
1. Pilih pemain Anda
Penting untuk strategi pemasaran email apa pun adalah memiliki audiens target untuk mengirim konten Anda. Kerjakan niche Anda dan asah siapa yang menyukainya; ini berarti meneliti audiens target Anda dan menemukan jenis citra apa yang ingin mereka lihat, apa keyakinan dan nilai mereka, di mana mereka bergaul, dan apa yang mereka sukai.
Meskipun dibuat-buat untuk mengetik, merekkan diri Anda sebagai otentik. Temukan pengguna di saluran media sosial pilihan mereka, promo di acara yang mereka datangi dan berkolaborasi dengan influencer/merek yang sudah mereka kagumi.
2. Pilih senjatamu
Magnet timah
Magnet utama adalah hadiah gratis yang akan Anda tawarkan sebagai imbalan atas pendaftaran email. Ini bisa berupa uji coba gratis, akses video, ebook, atau konten lain yang dapat diunduh. Beberapa merek menawarkan pelanggan akses eksklusif ke konten sebelum dipublikasikan, misalnya, tiket pra-penjualan untuk pertunjukan mendatang.
Berita industri
Untuk bisnis yang belum dapat menawarkan apa pun yang bernilai fisik, terus beri tahu pelanggan dengan berita dan pembaruan industri terbaru yang relevan. Ini membangun hubungan dengan audiens Anda untuk memberi tahu mereka bahwa Anda mendapat informasi, Anda membagikan nilai-nilai mereka dan Anda dapat dipercaya.
3. Berbagi itu peduli
Promosikan, promosikan, promosikan. Permudah konsumen untuk berlangganan; bagikan tautan ke CTA “berlangganan” Anda di seluruh saluran digital Anda. Terapkan desain yang dapat diakses sehingga sebanyak mungkin orang mendapatkan pengalaman positif dan lancar saat berlangganan merek Anda.
Sempurnakan email Anda—
Menurut Manajer Pemasaran Email Senior kami sendiri di 99designs, Jade Kolber, ada empat bahan utama untuk email yang hebat, “Saat menyiapkan kampanye baru, tanyakan pada diri Anda: apakah itu dipersonalisasi, dinamis, otentik, dan inklusif? Jika jawabannya ya, maka Anda telah memahami bahan-bahan dari email yang sukses.”

Saat menyiapkan kampanye baru, tanyakan pada diri Anda: apakah itu dipersonalisasi, dinamis, autentik, dan inklusif?

“Dan ingat: pemasaran email bukanlah satu set dan lupakan saluran pemasaran. Apa yang menghasilkan hasil luar biasa dalam satu minggu, mungkin tidak pada minggu berikutnya, jadi pastikan Anda berkomitmen untuk menguji, menganalisis, dan merevisi sesuai kebutuhan”. Jade merekomendasikan untuk terus merevisi dan menyegarkan teknik yang digunakan dalam email pemasaran Anda. Jadi, apa cara terbaik untuk melakukan ini?
Pengujian A/B
Pengujian A/B, atau disebut pengujian terpisah, berarti mengirimkan versi alternatif dari desain email Anda ke grup pengguna yang berbeda. Ini memungkinkan Anda meningkatkan klik-tayang dengan mencari tahu apa yang paling ditanggapi oleh audiens Anda, apakah itu tata letak tertentu, gaya bahasa, kata-kata CTA, atau baris subjek.
Segmentasi pelanggan
Pengujian A/B tidak akan berfungsi kecuali Anda membagi pelanggan menjadi beberapa grup. Jadi, berdasarkan data pengguna, Anda dapat mengelompokkan pelanggan secara efisien berdasarkan kesamaan di berbagai fitur.
Menggunakan perangkat lunak seperti MailChimp (atau Google Analytics untuk versi gratis), Anda biasanya akan mengelompokkan pengguna menurut kriteria berikut:
Demografi:
Usia, lokasi, jenis kelamin, pendapatan, tingkat pendidikan, dll.
Psikografis:
Gaya hidup, hobi, sifat kepribadian dll.
Perilaku konsumen:
Perbandingan belanja, menunggu barang untuk dijual, jumlah klik-tayang, penggunaan perangkat/platform, saluran media sosial, dll.
Personalisasi
Menurut rekan kami di Campaign Monitor, baris subjek yang dipersonalisasi meningkatkan pembukaan email sebesar 26%. Ini berarti menggunakan teknik seperti pengujian terpisah dan segmentasi pelanggan untuk membuat setiap pelanggan merasa istimewa, tetapi tingkat personalisasi ini tidak berakhir ketika pengguna mengklik ‘buka’. Gunakan nama pilihan mereka di baris subjek dan sesuaikan konten email dengan kategori yang Anda uraikan di atas.
Desain pemasaran email oleh Valeria Galati. Beberapa merek mengajukan pertanyaan tertentu kepada pengguna saat mengundang mereka untuk berlangganan email mereka. Mengetahui ulang tahun setiap pengguna adalah contoh yang baik, karena ini berarti Anda dapat menyesuaikan produk, kampanye, dan penawaran promo kepada Anda melalui email sekitar waktu ini.
Ketika berhasil dilakukan, teknik ini menunjukkan sisi ‘manusia’ merek Anda kepada pengguna. Ini membangun kepercayaan pelanggan, loyalitas dan menghasilkan lebih banyak konversi.
Memicu email
Email pemicu adalah perpanjangan personalisasi yang bertujuan untuk meningkatkan dan mempertahankan interaksi dengan pengguna. Mereka pada dasarnya adalah email otomatis yang dikirim, atau dipicu, sesuai dengan perilaku tertentu oleh pelanggan.
Misalnya, beberapa merek e-niaga mengirim email pemicu kepada pelanggan tentang item yang mungkin telah ditambahkan pelanggan ke keranjang mereka tetapi tidak ditindaklanjuti dengan pembelian. Dalam hal ini, email akan dirancang untuk mengingatkan pelanggan tentang produk dan menarik mereka untuk membelinya.
Jika pelanggan yang dulu setia menjadi tidak aktif, merek terkadang mengirim email pemicu untuk mendapatkan kembali perhatian mereka. Baris subjek membaca sesuatu seperti, “Hei [customer name] kami merindukanmu”, dan menawarkan penawaran promosi baru atau menampilkan produk yang mungkin disukai pelanggan, berdasarkan data dari perilaku mereka sebelumnya dengan merek tersebut.
Jenis email pemicu lainnya mengingatkan pelanggan untuk memperbarui langganan jika mereka hampir berakhir, email selamat datang, dan kode promosi jika mereka berhasil merujuk teman untuk berbelanja dengan merek tersebut.
Desain email responsif
43,5% email diakses melalui perangkat seluler. Ini berarti bahwa desain responsif sangat penting untuk strategi Anda bahkan lebih daripada desain desktop—bukan berarti ini adalah sebuah kontes. Desain dengan mempertimbangkan keserbagunaan: hierarki visual, gambar navigasi/ukuran font, dan konten aktual semuanya dapat dimodifikasi saat mendesain untuk perangkat seluler maupun desktop.
Desain pemasaran email oleh thecreatv. Jadi bagaimana Anda menerapkan desain responsif?
Menggunakan kueri media
Kueri media adalah teknik CSS yang digunakan oleh profesional pemasaran atau pembuat kode untuk menyematkan email mereka. Kueri media ini mendeteksi perangkat yang digunakan melalui dimensi yang digunakan pada perangkat tersebut dan menyesuaikan desain email yang sesuai.
Ini disebut kueri, karena melibatkan serangkaian kondisi, “jika X, maka Y”. Ini berarti Anda juga dapat mengubah desain sesuai dengan apakah pengguna akan berada dalam mode vertikal atau horizontal.
Desain email yang mengutamakan seluler
Teknik kunci untuk membuat email pemasaran yang sukses adalah membuat setiap desain terlebih dahulu menggunakan perspektif dan dimensi ponsel.
Anda kemudian mengubah desain sesuai dengan apakah itu akan dilihat di browser web desktop atau perangkat lain. Ini agar Anda tidak berakhir dengan waktu pemuatan yang lama yang dapat kehilangan pengguna ketika mereka mencoba mengakses desain email Anda melalui seluler.
Komponen email utama
Garis subjek
Baris subjek Anda adalah bagaimana Anda menginjakkan kaki di pintu; tidak masalah seberapa bagus bagian dalam email Anda terlihat jika pembaca Anda membuangnya karena baris subjek tidak menggairahkan mereka.
Pilih kasing Anda, dengan bijak
Pertanyaan besar ketika datang ke baris subjek adalah kasus apa yang akan Anda gunakan? Judul kasus (“Kasus Judul Berarti Memanfaatkan Semua Kata Kecuali Artikel dan Preposisi”) tampak formal dan berfungsi untuk banyak merek mewah, badan pemerintah, dan perusahaan acara.
Kasus kalimat (“Kasus kalimat berarti hanya menggunakan huruf besar untuk kata pertama dan kata benda yang tepat”) terasa lebih santai, mudah didekati, dan standar, itulah sebabnya digunakan oleh sebagian besar merek dalam email pemasaran.
Desain pemasaran email oleh @rysmrn. Tidak menggunakan huruf kapital sama sekali di baris subjek, menurut pengalaman saya, tidak populer secara luas. Itu terlihat tidak profesional dan tidak dapat dipercaya oleh sebagian besar audiens, yang tidak akan pernah menjadi taktik pemenang dalam pemasaran email.
Kecuali jika identitas merek dan hubungan Anda dengan pelanggan mendukungnya—misalnya, Anda adalah merek indie edgy yang menargetkan Gen Z—kami sarankan untuk menghindari yang satu ini.
Demikian juga, berhati-hatilah jika Anda hanya menggunakan huruf kapital di baris subjek. Ini sering diadopsi untuk membangun kegembiraan pada salinannya, namun saya berpendapat salinannya harus cukup menarik sehingga Anda tidak perlu menggunakan ini. Mungkin ini adalah pilihan estetis untuk hanya menggunakan huruf kapital, tetapi pastikan untuk menyesuaikan nada pesan Anda agar tidak terasa terlalu keras.
Jadilah pintar dengan permainan kata
Menulis adalah seni, terutama ketika Anda mencoba mengemas informasi terbaik ke dalam ruang terkecil. Anda perlu merasa otentik, asli, dan menarik untuk terhubung dengan audiens yang Anda tuju. Buat mereka kagum dengan menggoda apa yang ada di dalam email tetapi biarkan cukup sehingga mereka harus membukanya untuk keseluruhan cerita.
Jauhkan konteks di garis depan pikiran Anda saat menulis baris subjek. Baru-baru ini saya menerima email dari merek alas kaki lokal yang berbunyi, “OUT OF OFFICE”. Saya mengkliknya sambil bertanya-tanya apakah mereka bergabung dengan orang-orang seperti Bumble untuk memberikan waktu istirahat bagi seluruh tim mereka. Ternyata saya salah dan kampanye promo ditujukan untuk lini sepatu baru—untuk pengguna yang bekerja di luar kantor.
Hindari spam
Jika Anda akan mengirimkan email pemasaran, Anda tentu tidak ingin email tersebut berakhir di folder spam pengguna. Sistem penyaringan untungnya cukup canggih akhir-akhir ini, tetapi ada beberapa praktik yang perlu Anda terapkan untuk memastikan Anda menghindarinya:
Selalu uji baris subjek Anda. Jika mereka menyertakan nilai diskon (katakanlah 50%), mereka akan memiliki risiko lebih tinggi untuk berakhir di folder spam.
Pastikan email Anda terlihat resmi; “.com” selalu membantu dalam hal ini.
Jangan membeli daftar email; itu mengganggu.
Pastikan baris subjek Anda ditulis dengan baik, dengan info spesifik sehingga tidak terdengar umum.
Sensitivitas perangkat
Perangkat dan penyedia email yang berbeda semuanya memiliki batasan yang berbeda tentang berapa banyak karakter yang dapat mereka muat dalam pratinjau email. Itu berarti baris subjek Anda mungkin terpotong untuk pengguna Apple dan Gmail, tetapi tidak untuk pengguna Samsung atau Outlook.
Bergantung pada perangkat dan platform, bagian terpenting dari baris subjek Anda mungkin terpotong. Demikian pula, jumlah teks preheader bervariasi menurut platform dan perangkat juga. Di kotak masuk email Anda, teks preheader adalah pratinjau kecil dari apa yang ada di dalam email sebelum Anda mengkliknya.
Ini dapat digunakan secara strategis untuk memikat pemirsa agar membacanya, tetapi hanya jika Anda tahu apa yang akan mereka lihat (dan apa yang tidak akan mereka lihat).
Anda biasanya dapat memeriksa perangkat mana yang digunakan pelanggan Anda dari analitik data Anda, yang terkadang disediakan oleh saluran Anda, atau Anda dapat menyiapkan sendiri dengan aplikasi seperti Google Analytics. Adapun platform, untuk email pribadi, apa pun yang mengikuti simbol “@” di alamat email.
CTA
Ajakan bertindak inilah yang membedakan email pemasaran dari email pribadi. Di sinilah Anda meminta pembaca Anda untuk benar-benar melakukan sesuatu, puncak dari semua upaya Anda untuk mengesankan mereka.

Keputusan pertama Anda adalah ke mana arah ajakan bertindak. Tindakan apa, tepatnya, yang Anda ingin pembaca lakukan? Anda dapat membangun strategi pemasaran email di sekitar sejumlah sasaran bisnis: meningkatkan penjualan/konversi, mendorong lebih banyak lalu lintas situs web, mendapatkan lebih banyak pengikut di media sosial, meningkatkan reputasi merek Anda, memperkuat ikatan dengan pelanggan setia, atau bahkan hanya membuat akun.
Pesan ajakan (CTA) Anda harus mencerminkan sasaran bisnis Anda, baik dalam ucapannya maupun arahnya saat diklik. Meskipun boleh saja memiliki beberapa CTA dalam satu email, yang terbaik adalah membatasinya. Lebih mudah untuk menguji apa yang berhasil untuk pelanggan Anda yang berbeda dengan cara ini dan mempertahankan fokus pada penawaran/layanan mana pun yang ingin Anda dorong. Ini juga merupakan ide yang bagus untuk menciptakan konsistensi dan membuat mereka saling melengkapi dengan tema yang sama.
Desain pemasaran email oleh foxxx.Email body copy
Tetap singkat dan menarik dengan body copy email Anda. Pikirkan tentang bagaimana pengguna Anda mengakses email; itu bukan media yang biasanya dinikmati di pemandian cahaya lilin atau tempat tidur gantung pantai.
Pengguna ingin membaca sekilas konten yang dapat diakses, jadi gunakan bahasa secara sadar dan bermakna. Anda harus membutuhkan maksimal 3 paragraf pendek untuk mengatakan apa yang perlu Anda katakan: email bukanlah waktu atau tempat bagi Anda untuk melenturkan penggunaan kata keterangan artistik Anda.
Visual & tata letak
Manfaatkan prinsip desain seperti hierarki visual untuk memandu perhatian pembaca Anda. Seluruh komposisi Anda harus berkisar pada CTA Anda (dijelaskan di bawah), jadi mulailah dengan mereka dan kemudian buat sisa email Anda.
Pikirkan tentang aksesibilitas saat menyelingi citra dengan salinan di seluruh desain Anda. Apakah terasa sibuk atau sulit dibaca? Jika Anda menggunakan animasi atau klip video dalam desain pemasaran email Anda, apakah mereka akan diputar secara otomatis atau akankah pengguna secara aktif menekan ‘putar’ untuk memulainya.
Desain pemasaran email oleh Bella.Semakin desain email mengandalkan visual, semakin banyak desainer melihat tren desain web untuk mendapatkan inspirasi. Akhir-akhir ini, semakin banyak email yang menggunakan teknik pengguliran panjang dari situs satu halaman untuk membuat email mereka lebih mudah dinavigasi.
Ini termasuk pembagi visual untuk memisahkan area yang berbeda dari email Anda. Misalnya, jika Anda ingin berbicara tentang produk baru di satu bagian dan menyebutkan acara yang akan datang di bagian lain, Anda dapat memisahkan dua area menggunakan teknik seperti mengubah warna latar belakang atau memperluas ruang kosong di antara keduanya. Pembagi seperti ini membuat email bergambar besar lebih mudah dinavigasi, sehingga pembaca dapat menemukan bagian yang diinginkan dengan lebih cepat.

Perumpamaan
Seperti desain digital lainnya, sangat penting untuk memprioritaskan citra berkualitas tinggi yang menyampaikan estetika Anda kepada pembaca.
Banyak email pemasaran yang menampilkan animasi saat ini, jadi ikuti tren dan eksperimen pemasaran email ini. Mungkin Anda menggunakan foto atau mungkin menampilkan karya seniman; apapun itu mereka harus terhubung secara emosional dengan pengguna. Promosikan inklusivitas dan tunjukkan kepada pengguna semua jenis orang yang Anda sebut audiens Anda. Pastikan untuk mempersingkat waktu pemuatan dan tidak menyertakan gambar atau video apa pun yang berukuran besar.
Mengejutkan—dan menjaga—minat audiens Anda—
Mengapa pemasaran email begitu efektif? Selain biaya yang lebih rendah daripada iklan, ini juga merupakan koneksi yang sangat pribadi dengan klien Anda. Email adalah cara teman dan rekan kerja berkomunikasi—orang yang Anda kenal—jadi berbicara dengan orang-orang di ruang yang sama menunjukkan bahwa Anda bersahabat.
Manfaatkan kedekatan ini dengan mendesain email Anda dengan cerdas: visual yang menonjol, penawaran yang menarik, baris subjek yang memikat, dan tema yang sesuai dengan kepribadian branding Anda. Kirimkan jenis email yang ingin Anda terima sendiri dan tarik pembaca tersebut untuk terus memperbarui langganan mereka.

Butuh desain email khusus yang membuat orang mengklik?

Desainer berbakat kami dapat membuatnya untuk Anda.

Tempat percetakan Bandung yang melayani cetak online ya di Percetakan Bandung Online, silahkan kontak kami dan konsultasikan produk cetak yang Anda perlukan. Mau cetak banner online di Bandung, cetak kartu nama bandung, cetak tiket gelang Murah, mau bikin nota laundry, cetak amplop dan kop surat, atau kebutuhan marketing seperti bikin brosur, pamflet, dan kalender.

Source link

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Mau order atau ada yang mau ditanyakan?, Chat langsung aja sama Admin.
👋 Hallo, ada yang bisa dibantu ?