Apa Itu Frenektomi, Fiberotomi, Gingivoplasti, dan Bagaimana Hubungannya dengan Perawatan Ortodontik

Ketika ortodontis membuat rencana perawatan untuk pasien mereka, adalah keinginan mereka untuk memberikan setiap pasien senyum indah yang selalu mereka impikan, tetapi juga untuk memastikan bahwa gigitan mereka berfungsi dan sehat.

Terkadang, untuk mencapai tujuan ini, beberapa ortodontis harus melampaui apa yang paling dianggap sebagai pola perawatan ortodontik rutin kawat gigi atau Invisalign. Ada beberapa kasus yang memerlukan perawatan periodontal bersamaan dengan perawatan ortodontik.

Tiga jenis prosedur periodontal yang termasuk dalam kategori ini adalah frenektomi, fiberotomi, dan gingivoplasti.

Frenektomi

Frenektomi adalah prosedur bedah kecil yang dilakukan untuk mengangkat atau memposisikan ulang segmen jaringan gusi berserat yang menghubungkan bibir, pipi atau lidah ke gusi ketika jaringan itu berlebihan atau sangat tebal, menurut informasi yang diterbitkan dalam brosur oleh Asosiasi Ortodontis Amerika.

Beberapa ortodontis secara rutin merekomendasikan frenektomi untuk pasien yang memiliki celah antara gigi depan atas yang mungkin disebabkan oleh frenum.

Frenektomi memungkinkan celah di antara gigi untuk menutup, dan menstabilkan gigi sehingga ruang tetap tertutup. Pasien yang memiliki frenum yang tebal mungkin memerlukan prosedur untuk meredakan ketegangan yang pada akhirnya dapat menyebabkan resesi gusi. Terkadang, frenektomi membantu dokter gigi mencapai hasil yang optimal dari perawatan ortodontik.

Fiberotomi

Brosur AAO menjelaskan fiberotomi sebagai prosedur bedah kecil yang melepaskan serat elastis kecil di sekitar gigi pasien. Dalam beberapa kasus, serat ini menyebabkan gigi berotasi secara signifikan. Para ahli ortodontik merekomendasikan prosedur ini sebagai tindakan tambahan untuk memastikan bahwa prosedur tersebut mempertahankan gigitan fungsional pasien dan senyum yang sehat dan indah setelah dicapai melalui perawatan ortodontik.

Pasien yang giginya berotasi secara signifikan sebelum perawatan ortodontik mungkin memerlukan fiberotomi untuk hasil ortodontik yang optimal, karena gigi ini cenderung kambuh dan kembali ke posisi semula jika tidak. Fiberotomi bertindak untuk melepaskan serat elastis, yang mengurangi kemungkinan kekambuhan rotasional setelah kawat gigi atau peralatan ortodontik lainnya dilepas.

Gingivoplasti

Gingivoplasti adalah prosedur yang dilakukan untuk memahat atau menghilangkan jaringan gusi. Ini dapat dilakukan secara individu, atau bersamaan dengan frenektomi atau fiberotomi.

Gingivoplasty mengoreksi berbagai masalah kesehatan kosmetik dan mulut. Ini dapat dilakukan untuk menghilangkan jaringan gusi berlebih, memperbaiki senyum “bergetah”, atau untuk menyeimbangkan ketinggian gusi yang tidak rata.

Jaringan gusi yang berlebihan dapat disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk, terutama selama perawatan ortodontik. Ini juga dapat disebabkan oleh beberapa penyakit dan obat-obatan tertentu.

Jenis gingivoplasti ini juga dikenal sebagai “pemanjangan mahkota”. Ini mengungkap permukaan gigi normal yang ditutupi oleh jaringan gusi berlebih, dan membantu menciptakan senyum yang lebih indah



Source by Jennifer Eisenhuth

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Mau order atau ada yang mau ditanyakan?, Chat langsung aja sama Admin.
? Hallo, ada yang bisa dibantu ?